Cara Mengatasi Mata Lelah agar Kembali Segar dan Normal Kembali

 

Terlalu lama menatap layar televisi, ponsel, atau komputer akan membuat mata cepat lelah. Tak hanya itu, penyebab lainnya adalah kurang tidur, menyetir dalam jarak tempuh jauh, paparan cahaya yang menyilaukan, dan debu atau kotoran. Gejala mata lelah ini meliputi mata pedih, terasa gatal, berair, sampai pandangan menjadi kabur bisa saja muncul. Bahkan, mata lelah juga dapat menyebabkan nyeri leher, nyeri punggung, ataupun sakit kepala pada beberapa kondisi. Kondisi ini harus segera diatasi agar tidak semakin parah. Lakukanlah cara mengatasi mata lelah berikut ini jika mengalaminya.

  1. Mengalihkan Pandangan

Jika mata Anda sudah mulai terasa pedih saat menatap layar komputer atau membaca, sangat disarankan untuk mengalihkan padangan sejenak ke objek lain yang berbeda dengan jarak yang cukup jauh dari mata. Cara ini sangat ampuh dalam mengatasi mata lelah. Kondisinya akan jauh lebih baik karena mata yang jenuh bisa kembali segar, terlebih lagi jika menyaksikan pemandangan alam yang tampak segar dan menyejukkan.

  1. Mengatur Pencahayaan Layar Gadget
READ  Apakah Anda Sering Mengalami Pingsan? Hati-Hati itu Gejala ventrikel fibrilasi. Segera Konsultasikan ke Dokter

Untuk Anda yang sering berlama-lama menatap layar komputer, laptop, atau smartphone karena tuntutan pekerjaan, sangat disarankan untuk mengatur pencahayaan pada layar gadget dengan baik, demi mengatasi mata yang lelah. Pengaturan cahaya ini sangat membantu mengurangi efek radiasi ke mata. Ditambah lagi, pastikan lagi agar pencahayaan pada layar tidak terlalu redup ataupun terang. Jaga pula jarak pandang antara mata dengan gadget dengan baik agar mata tidak mudah lelah.

  1. Memejamkan Mata

Jika mata sudah mulai terasa lelah dan juga perih, itu artinya Anda harus memejamkan mata sejenak. Cara ini akan mengistirahatkan mata dari cahaya dan kondisi lingkungan yang panas atau berdebu. Efek dari memenjamkan mata sejenak ini dapat menghilangkan rasa lelah pada mata dan membuatnya terasa segar kembali. Anda bisa kembali beraktivitas dengan lancar karena penglihatan yang optimal.

  1. Sering Berkedip
READ  Faktor Risiko, Cara Mengobati Diseksi Aorta, dan Upaya Pencegahannya

Dikutip dari halodoc.com, berkedip menjadi cara termudah untuk mengatasi mata lelah. Saat berkedip, cairan di dalam mata akan bereaksi membasahi bola mata, sehingga mampu mengurangi iritasi serta mata kering. Akan tetapi, faktanya orang-orang yang bekerja di depan layar komputer justru jarang berkedip. Inilah yang membuat mata cepat lelah dan mengalami iritasi. Oleh karena itu, biasakanlah untuk berkedip setiap 20 menit sebanyak 10 kali mulai sekarang. Pembiasaan ini bisa membuat mata tidak kering dan terasa lelah lagi.

  1. Mengompres Mata

Mengompres mata dengan air hangat bisa menjadi solusi mengatasi mata lelah karena dapat membantu otot di sekitar mata untuk menjadi rileks kembali. Cara ini dapat membantu meredakan kondisi pegal pada mata. Buatlah kompres sederhana dengan cara membasahi handuk atau lap kecil yang halus dan bersih dengan air hangat (jangan panas). Letakkan handuk atau lap kecil tersebut pada mata selama beberapa menit sampai mata terasa lega.

  1. Menggunakan Obat Tetes Mata
READ  Kenali Cedera Ligamen Lutut Anterior Di Bawah Ini

Obat tetes mata juga mampu meredakan mata lelah yang sedang dialami. Pemakaian obat tetes mata ini mampu merelaksasi mata, menambah cairan agar mata tidak kering, dan membantu menghilangkan kotoran yang ada pada mata. Meski demikian, jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata karena bisa berefek tidak baik untuk mata itu sendiri.

Mengatasi mata lelah memang harus segera dilakukan agar gejala ini bisa segera hilang dan tidak menimbulkan persoalan lainnya. Setelah sembuh, usahakan untuk menjaga mata tetap sehat dengan cara relaksasi dan mengonsumsi makanan sehat. Mengonsumsi air putih yang cukup juga sangat membantu memenuhi kebutuhan cairan agar mata tidak mudah kering.

 

Sumber artikel:

www.halodoc.com

www.popmama.com

id.wikihow.com

 

Sumber gambar:

doktersehat.com

www.facetofeet.com

aura.tabloidbintang.com