Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tetap Berfungsi Normal

 

Mata adalah indera penglihatan yang sangat penting. Salah satu anugerah yang terindah ini harus kita jaga sebaik-baiknya. Menjaga kesehatan mata sudah seharusnya dilakukan agar mata tetap berfungsi optimal untuk membantu melakukan segala sesuatu. Di bawah ini adalah berbagai cara yang sebaiknya dilakukan dalam menjaga mata tetap sehat.

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Cara yang alami dan ampuh dalam menjaga kesehatan mata adalah mengonsumsi makanan bergizi, khususnya yang mengandung vitamin A. Wortel, bayam, dan berbagai sayuran hijau lainnya sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Menurut salah satu penelitian, persoalan mata akibat usia (misalnya katarak dan degenerasi makula) juga dapat ditangkal dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung beraneka nutrisi, di antaranya vitamin A, C, dan E, zinc, selenium, lutein, dan asam lemak omega-3. Berbagai nutrisi tersebut dapat diperoleh dari sayuran berdaun hijau, ikan tuna, salmon, telur, kacang-kacangan, dan buah jeruk.

  1. Membatasi dalam Mengakses Gadget
READ  Apakah Anda Sering Mengalami Pingsan? Hati-Hati itu Gejala ventrikel fibrilasi. Segera Konsultasikan ke Dokter

Salah satu cara efektif untuk menjaga kesehata mata adalah dengan membatasi akses gadget. Hal ini dikarenakan terdapat efek radiasi dari layar gadget tersebut, baik itu smartphone, tablet, laptop, atau komputer. Menonton televisi dalam waktu lama juga tidak diperbolehkan.

Menatap layar gadget terlalu lama bisa menyebabkan mata lelah sampai perih. Gejalanya berupa sakit kepala, sakit pada bahu, nyeri leher, dan nyeri di punggung. Mata juga menjadi terasa kering dan tegang, sulit fokus jika menatap kejauhan, dan pandangan jadi kabur.

Jika Anda harus bekerja di depan komputer sepanjang harinya, lakukanlah alih pandang setiap 20 menit sekali sejauh 6 meter selama 20 detik. Cara ini mampu mengurangi ketegangan mata. Anda juga dapat mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Jika mata terasa kering, seringlah untuk mengedipkan mata.

  1. Memakai Kacamata Hitam Saat Bepergian
READ  Otitis Eksterna, Infeksi Telinga yang Bisa Sampai Mengeluarkan Nanah

Tak hanya kulit yang perlu dilindungi dari efek sinar ultraviolet yang berbahaya. Mata juga perlu mendapatkan perlindungan. Pasalnya, mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet bisa berisiko terkena katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, sampai kanker mata. Oleh karena itu, pakailah pelindung mata berupa kacamata hitam yang mampu memblokir sinar UVA dan UVB. Gunakan topi juga saat berjalan-jalan di siang hari. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan mata karena terlindungi dari paparan sinar UV.

  1. Menghindari Rokok

Merokok adalah suatu kebiasaan yang sangat berisiko untuk kesehatan mata, yaitu bisa meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, serta kerusakan saraf optik yang dapat menyebabkan kebutaan juga merusak retina. Merokok juga mengakibatkan adanya penimbunan plak pada pembuluh darah serta melemahkan arteri, sehingga hal ini meningkatkan risiko serangan jantung.

  1. Rutin Cek Kondisi Mata
READ  Berkeringat dan Tangan Dingin? Bisa Jadi itu Gejala Fibrilasi Atrium

Deteksi dini adalah salah satu cara terbaik dalam menjaga kesehatan mata. Setiap orang juga berisiko mengalami gangguan mata, mulai dari anak-anak sampai usia lanjut, sehingga hal ini menyebabkan perlunya pemeriksaan mata secara rutin. Sebagai saran, Anda bisa memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali. Rutin memeriksakan mata ini mampu mendeteksi dini gangguan pada mata akibat penyakit tertentu, seperti diabetes serta tekanan darah tinggi.

Berbagai cara di atas sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata agar tetap berfungsi normal. Anda dapat melakukan berbagai hal dengan tetap lancar dan optimal jika mata tidak terganggu. Karenanya, jangan lupa untuk terus menjaga mata tetap sehat dan tetaplah mengonsumsi nutrisi yang baik untuk mata.

 

Sumber Artikel:

www.alodokter.com

www.klinikmatanusantara.com

hellosehat.com

 

Sumber Gambar:

steemit.com

health.grid.id

www.kompasiana.com