Kenali Cedera Ligamen Lutut Anterior Di Bawah Ini


 

Cedera Ligamen lutut anterior adalah salah satu jenis ligamen lutut yang berfungsi untuk menghubungkan tulang tungkai bawah dengan tulang tungkai bagian atas. Selain itu, ligamen ini ternyata juga berfungsi untuk menjaga kestabilan lutut dan mencegah tulang bagian paha meluncur secara abnormal selama melakukan beberapa kegiatan seperti berlari, berputar dan juga olah raga naik turun tangga.

Namun sadarkah anda bahwa terkadang beberapa orang memang sering mengalami cedera lutut. Adapaun nama ilmiah dari cedera ligamen lutut anterior atau sering disebut sebagai cedera ACL (anterior cruciate ligament) adalah sebuah kondisi yang biasanya ditandai dengan adanya kerusakan ataupun robekan pada bagian ligamen lutut anterior. Setidaknya sekitar 50 persen cedera ACL ini terjadi dalam kombinasi kerusakan pada bagian tulang rawan artikular, menikus, dan juga bagian ligamen lainnya.

Cedera ligamen lutut anterior biasanya sering menyerang seseorang yang sedang melakukan olahraga dengan melibatkan gerakan yang berhenti secara tiba-tiba. Serta ketika seseorang tersebut mengubah gerakan dalam olah raganya ataupun mengubahnya menjadi gerakan lompat-melompat. Dan beberapa jenis olahraga yang sering menyebabkan seseorang mengalami cedera ligamen lutut anterior adalah olah raga bola voli, basket, sepak bola, senam atletik, dan masih banyak lagi.

READ  Faktor Risiko, Cara Mengobati Diseksi Aorta, dan Upaya Pencegahannya

Berikut ini terdapat empat bentuk ligamen di lutut yang rentan akan cedera, yaitu:

  1. Lateral collateral ligament (LCL), yaitu sebuah ligamen yang mulai menghubungkan antara tulang paha ke daerah fibula. Yang mana bagian ini biasanya ada pada bagian tulang yang lebih kecil dari kaki bawah di sisi luar lutut.
  2. Posterior cruciate ligament (PCL), yaitu sebuah ligamen yang pada dasarnya menghubungkan dua tulang. Yaitu tulang paha dan juga tulang kering yang berada di lutut (ingat bahwa ligamen ini jarang terluka kecuali berada dalam kecelakaan yang besar seperti halnya kecelakaan mobil).
  3. Medial collateral ligament (MCL), yaitu sebuah ligamen yang akan menghubungkan tulang paha ke bagian tulang kering yang berada pada sisi dalam lutut.
  4. Anterior cruciate ligament (ACL), yaitu sebuah ligamen lutut yang sebenarnya paling sering mengalami cedera. Dan ligamen ini biasanya akan menghubungkan antara bagian tulang paha ke bagian tulang kering yang ada pada tubuh anda.
READ  Penyebab Fobia Sosial yang Mengganggu Aktivitas Sehari-hari!

Nah, bagi anda yang sering merasa ada bagian yang kurang beres dengan kondisi  lutut anda, ada baiknya untuk anda mengenali beberapa gejala Cedera Ligamen Lutut anteriror adalah seperti berikut ini :

  1. Pertama seperti penyakit lain pada umumnya. Penyakit yang menyerang bagian tulang kaki ini akan menimbulkan rasa nyeri, kaku dan juga sakit pada bagian lutunya. Sehingga perlu anda perhatikan sebelumnya, bahwa jika anda merasakan nyeri pada bagian kaki terutama ketika anda berjalan. Anda harus segera mendiagnosa kondisi kesehatan anda saat ini.
  2. Adanya beberapa suara letupan yang cukup keras seperti bunyi “pop” setiap kali anda membuat gerakan pada bagian kaki tersebut. Nah, jika mulai muncul gejala yang kedua. Ada baiknya jika anda lebih aware dengan kondisi kesehatan anda sendiri.
  3. Sering mengalamai pembengkakan dalam waktu 24 jam pertama setelah munculnya cedera yang tampak.
  4. Adanya perasaan longgar pada bagian sendi lutut yang biasanya tidak mampu diberikan beban yang berat pada sendi tersebut.
READ  Gejala pada penderita cutaneous larva migrans

Sekian informasi terkait cedera lutut ligamen. Satu hal yang harus anda garis bawahi bahwa cedera ligamen lutut anterior adalah sebuah penyakit yang masih bisa ditangani secara mandiri. Maka dari itu, lebih baik lakukan pendegahan daripada mengobatinya.

 

 

Sumber : www.hellosehat.com