Otitis Eksterna, Infeksi Telinga yang Bisa Sampai Mengeluarkan Nanah

 

 

Berbagai gangguan kesehatan seringkali menghampiri dalam berbagai bentuknya. Meskipun demikian, Anda tetap harus siap untuk segera menangani bagaimanapun gangguan kesehatan yang dialami agar tidak stres. Gangguan pada telinga juga bisa terjadi dan berada pada tingkat ringan sampai berat. Otitis eksterna adalah salah satu jenis infeksi telinga yang akibatnya jika sudah parah bisa menyebabkan telinga mengeluarkan nanah. Kondisi ini termasuk serius. Inilah berbagai informasinya.

Gejala Otitis Eksterna

Otitis eksterna merupakan suatu jenis infeksi telinga. Infeksi ini menyerang bagian kulit tipis yang membungkus saluran telinga luar. Pada beberapa, infeksi ini disebabkan aktivitas bakteri atau jamur. Saluran telinga itu terhitung dari gendang telinga sampai bagian luar telinga. Otitis eksterna ini umumnya muncul beberapa hari setelah Anda berenang, lalu dapat memburuk menjadi infeksi akut dan kronis.

Berbicara soal gejala yang dialami penderita setelah terjadi infeksi adalah sakit telinga akan memburuk setelah memasukkan korek kuping ataupun menekan telinga. Rasa gatal pada bagian dalam telinga juga dialami disertai penderita mengalami demam. Telinga juga mengeluarkan nanah dalam kondisi infeksi yang tergolong berat. Penderita juga bisa kehilangan pendengarannya sementara.

READ  Diseksi Aorta adalah Kondisi Serius? Cek Informasinya Berikut

Terkadang, terdapat benjolan kecil ataupun bisul yang berada di dekat saluran telinga. Benjolan ini mengakibatkan sakit yang luar biasa. Terlebih jika sudah kempes, telinga akan mengeluarkan nanah yang berasal dari benjolan yang mengecil tersebut. Hal ini perlu diwaspadai dan segeralah periksakan kondisi telinga ke dokter segera setelah merasakan gejala yang tidak beres.

Penyebab Otitis Eksterna

Semua gejala yang dirasakan tersebut bukan berarti tanpa sebab yang jelas. Infeksi tersebut umumnya bisa mulai terjadi setelah berenang di air yang kotor. Pada umumnya, bakteri seperti pseudomona hidup di dalam air kotor serta menyebabkan otitis eksterna. Pada beberapa kasus yang langka, infeksi yang dialami dapat disebabkan oleh jamur.

READ  Kenali Cedera Ligamen Lutut Anterior Di Bawah Ini

Selain faktor bakteri dan jamur, penyebab lain dari otitis eksterna yang dalam kasus parahnya membuat telinga mengeluarkan nanah adalah efek luka atau lecet di saluran telinga dalam. Pengaruh masuknya benda asing dan terjebak di dalam telinga juga memicu infeksi ini. Kebiasaan Anda membersihkan telinga terlalu keras dengan korek kuping ataupun alat lainnyajuga bisa berisiko menyebabkan infeksi serius ini. Bahkan, otitis eksterna yang kronis dapat disebabkan karena adanya alergi terhadap sesuatu di dalam telinga atau karena ada penyakit kulit kronis, seperti eksim atau psoriasis.

Upaya Pencegahan Otitis Eksterna

Berbagai gejala sebagai tanda seseorang mengalami otitis eksterna di atas terbilang serius. untuk itu, jangan biarkan kondisinya semakin kronis. Upaya pencegahan harus dilakukan agar Anda bisa terhindar dari berbagai kondisi yang menyulitkan serta mencemaskan tersebut.

READ  Apakah Anda Sering Mengalami Pingsan? Hati-Hati itu Gejala ventrikel fibrilasi. Segera Konsultasikan ke Dokter

Cara pencegahan telinga mengeluarkan nanah akibat otitis eksterna adalah menjaga telinga tetap kering. Keringkanlah telinga Anda sampai bersih setelah berenang, mandi, ataupun saat terkena uap air. Usaplah perlahan dengan lembut menggunakan handuk atau kain lembut. Angkatlah kepala ke samping untuk membantu mengalirkan air dari saluran telinga.

Cara berikutnya dalam mencegah otitis eksterna ini adalah menghindari meletakkan benda asing ke telinga, misalnya kapas, klip kertas, ataupun jepit ramput. Semua benda tersebut akan mengiritasi kulit tipis di dalam telinga, bahkan bisa menghancurkan kulit. Hindari juga kebiasaan menggaruk telinga di bagian dalam menggunakan jari agar mampu mencegah infeksinya agar telinga baik-baik saja dan tak mengeluarkan nanah.

 

Sumber artikel:

www.halodoc.com

www.alodokter.com

hellosehat.com

 

Sumber gambar:

www.alodokter.com

makassar.tribunnews.com